Menggunakan Google Directions API

12:24 PM

Google Directions API adalah layanan dari google yang memudahkan kita (developer) untuk mencari rute dan navigasi dari satu tempat ke tempat tertentu. Kita tinggal memasukkan latitude dan langitude posisi berangkat dan juga latitude longitude posisi tujuan.
Keunggulan dari API ini adalah dia mudah digunakan, kita hanya tinggal melakukan HTTP Request untuk memanggil Google Directions API. Selain mudah, dia juga menyediakan banyak moda transportasi, setiap moda transportasi bisa saja memiliki rute tersendiri dan waktu tempuh tersendiri (misal, orang berjalan bisa melawan arus di jalan raya sedangkan mobil tidak, mobil harus memutar jika tempat yang seharusnya didatangi terlewati sedangkan jalan hanya satu arah)

Fasilitas ini bisa kita gunakan secara gratis tetapi mempuyai batasan sebagai berikut:
  • 2500 request dalam 24 jam
  • Mode transit dihitung 4 request
  • Kita bisa menggunakan sampai 8 waypoint dari setiap request
Jika aplikasi kita sangatlah besar dan 2500 request tidaklah cukup, kita bisa menggunakan Google Maps API for Bussiness.

Menggunakan Google Directions API

Untuk menggunakannya kita tinggal memanggil URL berikut 
http://maps.googleapis.com/maps/api/directions/output?parameters
Untuk outputnya sendiri bisa berbentuk json ataupun xml
Untuk parameter utamanya sendiri ada 3 yaitu origin(titik asal), destination(titik tujuan) dan sensor (cek device apakah mempunyai location sensor/gps, terdiri dari boolean value, hanya true dan false).
Contoh:
http://maps.googleapis.com/maps/api/directions/json?origin=Jakarta&destination=Bandung&sensor=false
Saya melakukan direction request dari kota Jakarta ke kota Bandung dan hasilnya seperti berikut
direction request

Jika kita ingin menggunakannya kita tinggal membuat suatu parser yang bisa membaca hasil output diatas. Jikalau kita menggunakan Google Maps API Javascript v3 kita bisa lebih mudah lagi untuk menggunakannya karena sudah terintegrasi.

Sekian Tutorial kali ini, Semoga Bermanfaat, GBU

You Might Also Like

3 comments

  1. Replies
    1. itu engga pake source code, cuma request dari url aja. .

      Delete
    2. itu API.. jadi kita olah tuh API jadi sebuah titik.. mah tiap titik dihubungin pakek polyline.. kita cuma ngirim 2 kordinat yang akan kita hubungkan :)
      *kayaknya sih gitu..

      Delete