Apa itu Geoserver

6:32 PM

logo geoserver
Saat pertama kali diminta tolong seseorang untuk membuat WebGIS menggunakan Geoserver. Saya bingung apa itu geoserver, belum ada bayangan sama sekali tentang apa itu geoserver karena saya terbiasa membuat WebGIS menggunakan Google Maps API.

Waktu itu saya mengartikan GeoServer seperti ini, karena mungkin berasal dari kata Geography dan Server maka geoserver adalah “Server yang menyediakan layanan Informasi bereferensi Geografis”

Ternyata setelah saya lihat dan saya pelajari, artinya tidak jauh dari apa yang saya artikan sendiri karena salah satu fungsi Geoserver adalah seperti yang saya artikan diatas.

Apa itu Geoserver

Geoserver adalah suatu open source software yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java yang memungkinkan user untuk melakukan sharing dan ediing terhadap geospatial data. Geoserver sendiri menggunakan standar dari Open Geospatial Consortium (OGC), Geoserver memudahkan dalam pembuatan peta dan spatial data sharing.

Berikut Kelebihan dari Geoserver:

  • Open and Share Your Spatial Data, Geoserver memungkinkan kita untuk mempublikasikan ke umum spatial information yang kita miliki. Karena mengimplementasikan Web Map Service (WMS) standard, Geoserver dapat membuat peta dalam berbagai variasi format. Banyaknya format yang disediakan menjadi memudahkan programmer dalam berkreasi dengan GeoServer, saya sudah mengalaminya.
  • Use Free and Open Software, GeoServer adalah Software yang free, gratis, dan tanpa bayar.
  • Integrate With Existing Mapping APIs, Geoserver dapat menampilkan data dari aplikasi peta yang lain seperti Google Maps, Google Earth, Yahoo Mpas, dan Microsoft Virtual Earth.
  • Community, Geoserver memiliki komunitas yang besar, banyak developer GIS yang menggunakan Geoserver itu sendiri. Karena komunitas nya yang besar maka jika ada kesulitan atau pertanyaan ketika menggunakan GeoServer, kita tidak perlu kesulitan untuk bertanya. Saya sendiri terbiasa bertanya di GIS StackExchange ataupun StackOverFlow (My Favorite Learning Website :D)
Kalau menurut saya sendiri, kelebihan dari Geoserver itu adalah, dia bisa mengubah data spatial kita dengan mudah. Misalnya seperti ini, data yang memiliki referensi geografis biasanya berekstensi Esri ShapeFile (SHP, karena ArcGIS sangatlah terkenal), kita tinggal melakukan upload file SHP dan Geoserver dapat melakukan konversi dengan mudah, kita tinggal memilih output apa yang ingin dikeluarkan, apakah itu png, xml, rss, json, open layer, dll. Saya sebagai programmer sangat terbantu dengan geoserver ini karena dengan mudah dapat melakukan konversi dari bentuk SHP ke bentuk JSON tanpa bantuan aplikasi lain seperti ArcGIS maupun QGIS.

Kalau anda ingin mencoba menggunakan GeoServer langsung saja kunjungi website resmi Geoserver.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat, GBU

You Might Also Like

0 comments