Saya dan Jurusan Komputasi Statistik

2:58 AM

Jurusan Komputasi Statistik?
Sebenarnya jurusan apa itu? 
Jurusan Komputasi Statistik mempelajari teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik
Setidaknya arti itulah yang saya dapat di http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Ilmu_Statistik , tidak tahu kenapa saat ini 8 Desember 2013, jam 2:14 WIB situs stis.ac.id tidak bisa di akses. . 
entahlah, mungkin memang modem saya yang sedang bermasalah. .

Ini hanya tulisan tentang apa yang saya rasakan selama berkuliah 4 tahun di STIS, tentunya jurusan yang saya ambil adalah jurusan Komputasi Statistik. .

Jurusan Komputasi Statistik . .
Jurusan yang memiliki label "susah" di antara anak-anak STIS tetapi juga sering mendapat cibiran dari beberapa orang. .
Kenapa mendapat cibiran?? karena jurusan ini dinilai sudah mulai melenceng dari jalurnya.. mahasiswa dari jurusan ini dinilai dan saya rasa digeneralisir tidak bisa apa-apa jika ditanya tentang STATISTIK. .
Mahasiswa dari jurusan ini dinilai lebih senang dengan mata kuliah yang berbau komputer. .
Apakah itu benar?
Bisa benar dan bisa juga salah. .
Setiap data selain memiliki rata-rata juga memiliki varians ataupun standar deviasi. .
:D
Menurut saya memang ada yang tidak tahu apa-apa tentang statistik, saya juga termasuk di golongan itu. .
Tetapi ada juga teman saya yang sangat mengerti dan paham apa itu statistik, mungkin melebihi dari mahasiswa jurusan sebelah. .

Tetapi, menurut saya, sekali lagi menurut saya, silakan jika menurut anda lain. .
Keberagaman dari mahasiswa Komputasi Statistik ini lah yang menjadi kelebihan dari jurusan ini. . 
Ada mahasiswa yang mungkin computer geek, adapula yang bisa disebut super statistisi :D Keduanya saling melengkapi. .
Kenapa saling melengkapi?? Karena di Tugas Akhir/Skripsi kami diharuskan untuk membuat suatu Artifak/Aplikasi/Software yang berhubungan dengan statistik. .
Computer Geek akan meminta bantuan kepada super statistisi untuk Memahami suatu Rumus Statistik. .
Super Statistisi akan meminta bantuan kepada Computer Geek untuk Menerjemahkan suatu algoritma ke bahasa pemrograman. .

Sistem Informasi. .
Kata-kata itu juga yang membuat jurusan ini terasa sedikit di diskriminasi. .
Mahasiswa dari jurusan ini dinilai hanya bisa membuat sistem informasi ketika tugas akhir, yang mungkin nilai statistik nya kurang. .
Tetapi apakah sistem informasi itu salah??
Tidak Sistem Informasi sangatlah penting. .Melalui sistem informasi kita berlatih untuk memecahkan masalah menggunakan sistem komputer. .
Saya yakin, mahasiswa yang skripsi nya sistem informasi pun jika disuruh membuat software statistik hanya perlu sedikit belajar. . dan dengan cepat akan mengimplementasikan rumus statistik ke dalam algoritma. .
Selain itu Sistem Informasi tidak selalu tidak berhubungan dengan statistik . .
Skripsi saya misalnya. . "Sistem Informasi Klasifikasi Kesulitan Medan PKL STIS"
Dalam skripsi saya ini juga menyertakan proses clustering. . dimana sebelum melakukan clustering harus melakukan normalisasi data terlebih dahulu. .
Ya. . . saya mengubah rumus-rumus itu menjadi algoritma pemrograman dalam bahasa Javascript. .(dengan bantuan library juga tentunya)

Jadi menurut saya, jika skripsi/tugas akhir mahasiswa tingkat 4 KS STIS dibebaskan topiknya. .Maka BPS akan beruntung karena akan banyak sekali developer-developer muda yang tidak hanya bisa mengembangkan software statistik saja ataupun sistem informasi saja. .
Saya rasa tidak akan terlalu jauh melencengnya ketika topik dibebaskan, karena dalam mencari topik pasti mahasiswa akan mencari sesuai dengan kebutuhan BPS. .
Di masa depan tentunya BPS tidak perlu susah payah lagi melakukan training pembuatan Sistem Informasi atau yang lain kepada pegawainya. .
Selain itu saya lihat beberapa teman saya skripsi nya juga sangat besar cakupannya, mungkin sekelas thesis tetapi tidak terlalu berbau statistik. .Tetapi hal ini merupakan investasi yang menarik bukan buat BPS kedepannya??

Apa lagi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa Komputasi Statistik?
Mungkin ini sedikit prestasi yang saya ketahui dari teman-teman saya . .
  • Finalis ICPC 2012 sepertinya. . waktu itu ada salah satu teman saya angkatan 51 bersama adik Tingkat. .
  • Finalis Gemastik kategori jaringan 2012, terimakasih buat kak Takdir :D
  • Runner Up (Honorable Mention) Teamie Challange Startup Asia Hackathon Bandung 2012
  • 3rd Place Sanitation Hackathon Jakarta
  • Top 10 Finalis World Sanitation Hackathome
  • Finalis Nokia Lumia App Challange (Saya lupa aplikasi nya, tapi teman saya memakai API bolalob)
  • 3rd place NASA hackathon (salah satu kakak tingkat saya yang agak aneh :D yang ikut)
  • Finalis XL Gamehack (tim dari STIS ada 3 yang masuk, Walpole, SelamatBerbahagia, sama satu lagi lupa namanya buat game transjakarta)
  • 1st Place TIDE startup incubation (lomba bisnis ataupun startup, 2 teman saya ada disana, salah satunya yang punya http://azuharu.net)
  • 1st Place Freelancer Challange, and Runner Up (Honorable Mention) SAP HANA Challange Startup Asia Jakarta 2013.
Dan mungkin masih banyak lagi prestasi non akademik ataupun akademik dari teman-teman komputasi statistik lainnya yang saya tidak sebutkan karena saya tidak tahu. . hehe

Jika dilihat dari prestasi diatas aneh bukan rasanya?
Mahasiswa Komputasi Statistik tapi ada yang bisa buat Game, Peta, Bisnis, dsb. . Bahkan teman saya ada yang jadi artis -_-
Ya,  Ka Es punya kemampuan untuk itu. . 
Jikalau disuruh membuat aplikasi statistik? Mungkin mahasiswa KS perlu belajar sebentar dan kami akan bisa membuatnya. .
Karena saya yakin kami mempunyai dasar juga di bidang statistik walaupun tidak banyak . .

Mungkin itu apa yang saya pikirkan dari jurusan komputasi statistik. .
Jikalau ada pihak yang merasa tidak setuju ataupun tersinggung saya minta maaf. .
Terimakasih buat setiap dosen yang sudah mengajar saya selama kuliah sampai sekarang sudah lulus dan ada gelar SST nya. .
:)


You Might Also Like

13 comments

  1. makasih udah mau cerita (y)

    ReplyDelete
  2. om., bagi makalah TA nya dong., ane dapet tugas nih., buat matkul komputasi statistik, susah banget., padahal ane jurusan MI., gk jelas kasih makan KS., :D

    ReplyDelete
  3. after passed from STIS, can we continue university lecture?

    ReplyDelete
  4. maaf mau tanya, apakah jurusna komputasi statistik itu harus tau tentang komputer? jadi kalau awalnya ngk tau tentang komputer gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya punya ketertarikan sama komputer : soalnya di komputasi belajar pemrograman , desain web, jaringan, database . Sebelumnya anak Komputasi STIS itu setengah rela masuk jurusan itu, karena tuntutan kuota jadi terpaksa masuk (skrg sudah tidak) tapi mereka mampu survive dan lulus bahkan bisa berprestasi

      Delete
  5. Komputasi komputer itu susah ngga bagi yg ngga terlalu tau komputer??

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya akan susah kalo kita engga punya passion di bidang itu, saran saya kalo mau kuliah ikutin passion nya, sukanya di apa.. enak kan kalo bidang kerja kita sesuai hobi.

      Delete
  6. Ks itu semacam SI bkn? Trs sama kyk yg nanya diatas, susah ga bagi yg blm trlalu tau tntng kmptr/programmr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih beda, Kalau Komputasi Statistik itu statistisi yang paham juga ilmu komputasi(komputer) jadi KS itu ahli statistik yang paham komputer. seperti statistisi++ , nah itu yang bikin KS jadi jurusan yang katanya(sulit) karena harus menguasai 2 ilmu itu.

      Delete
  7. KS itu mempelajari apa sih bg? Pelajarin tentang komputer aja?atau ada banyak pelajaran lg bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada komputer ada juga statistik, saya udah lulus dari tahun 2013, mungkin sekarang udah ada perubahan

      Delete
  8. bisa pindah jurusan ga?

    ReplyDelete
  9. Kak bisa nggak kalau milih jurusan komputasi statistik belajar statistika dan kalau yg berdomisili di sulawesi bisa daftar di komputasi statistik ???

    ###

    ReplyDelete