Menggunakan Google Geocoding API

12:12 AM

Apa itu Geocoding?
Menurut wikipedia, geocoding adalah proses mencari koordinat geografis (biasanya latitude dan longitude atau garis lintang dan bujur) dari alamat tertentu (misal nama jalan, nama kota, kode pos, nama negara, dll).

Contoh, misal kita ingin mencari koordinat dari kota Yogyakarta, yang kita lakukan adalah melakukan geocoding terhadap alamat Yogyakarta.

Kebalikan dari Geocoding adalah reverse Geocoding, yaitu mencari data geografis berdasarkan koordinat geografis. Jadi kita memasukkan suatu koordinat lalu akan muncul data geografis yang ada pada koordinat itu seperti nama jalan, kode pos, negara, kota, provinsi, dsb.

Ketika kita membuat suatu aplikasi yang berhubungan dengan WebGIS, terkadang kita membutuhkan fitur geocoding untuk mencari suatu lokasi tertentu. Dengan Google Geocoding API kita dapat dengan mudah mencari koordinat dari suatu alamat.

Menggunakan Google Geocoding API

Google Geocoding API merupakan suatu web service yang bisa diakses menggunakan HTTP Request biasa, hanya melalui URL.
Menurut saya Geocoding yang diberikan oleh Google ini data dan ketepatannya cukup bagus sehingga dapat digunakan pada aplikasi kita yang membutuhkan fitur geocoding.

Url yang digunakan untuk melakukan HTTP request terhadap google geocoding API adalah seperti berikut
http://maps.googleapis.com/maps/api/geocode/output?parameters
Contoh nya adalah seperti berikut:
http://maps.googleapis.com/maps/api/geocode/json?address=Yogyakarta&sensor=false
Saya melakukan geocoding terhadap alamat Yogyakarta, dan menggunakan json sebagai data response nya, data response bisa berupa xml ataupun json.
Berikut hasil dari geocoding terhadap alamat Yogyakarta diatas
google geocoding yogyakarta

Mudah bukan untuk menggunakan Geocoding API dari Google.
Saya biasanya menggunakan fitur geocoding untuk mencari suatu lokasi, misal lokasi user. Karena PC dan broadband modem ada yang mensupport HTML 5 Geocoding dan ada yang tidak, maka Geocoding ini sangatlah dibutuhkan untuk mencari lokasi user. User dipersilakan untuk mengetik lokasi nya sendiri pada aplikasi saya, dan sistem akan menunjukkan lokasi sesuai dengan yang diketikkan user, tentu saja dengan bantuan Geocoding API dari Google ini.
Untuk aplikasi yang menggunakan javacsript, saya biasa menggunakan AJAX untuk melakukan HTTP Request terhadap API ini. Berikut contoh AJAX yang saya gunakan untuk mengakses API Google Geocoding tersebut.
 
script ajax diatas menggunakan bantuan jquery library. Script diatas melakukan request Geocoding pada kota Yogyakarta, setelah berhasil/sukses melakukan Geocoding maka variabel lat dan lon akan menyimpan latitude dan juga longitude dari kota Yogyakarta.

Sekian artikel tentang Google Geocoding API, semoga bermanfaat, GBU

You Might Also Like

1 comments

  1. kalou menggunakan lat long gimana ya brow misal saya mau menghitung waktu tempuh dari bandara yogyakarta ke ambarukmo / tugu jogja. kalou jarak tempuhnya sudah ketemu cuma waktu estimasinya yang belum nemuin :D

    ReplyDelete