Membuat Statistik Calculator Android (Part 1-Deskriptif)

12:06 PM

Kali ini kita akan membuat statistik kalkulator, yang simple tentunya. .
Mungkin dari sini nantinya bisa dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih luas lagi lingkupnya. .
Disini saya juga tidak menggunakan library seperti Math supaya sekalian belajar mengaplikasikan rumus ke algoritma pemrograman. .

Membuat Statistik Calculator Android


Langsung saja kita buat aplikasinya. .
Untuk main activity nya saya berikan dua menu, walaupun sekarang hanya dibahas untuk statistik deskriptif saja. Saya berikan dua menu untuk pengembangan di tutorial selanjutnya. .

Berikut kode xml activity_main
dan kode MainActivity.java nya
Sekarang mari kita buat Activity Deskriptif untuk memanggil kalkulator statistik deskriptif.
Untuk fitur deskriptif yang akan kita buat memiliki fungsi untuk menghitung:
  • Mean
  • Median
  • Varians
  • Standar Deviasi
  • Kemencengan
  • Keruncingan
Berikut kode layout xml nya
Setelah itu modifikasi kode java nya menjadi seperti ini
Setelah itu mari kita coba run aplikasinya,
Berikut tampilannya ketika saya run di smartphone android Galaxy Young saya. .
Statistics Calculator
Tampilan nya sangatlah sederhana, silakan jika anda ingin mengembangkannya menjadi yang lebih bagus lagi..
Untuk Tutorial selanjutnya akan dibahas membuat fitur Regresi dan Korelasi

Jika ada yang ingin apk nya nanti akan saya bundling dengan aplikasi saya yang sebelumnya

Buku Saku Statistik

Terimakasih, Semoga Bermanfaat. . GBU

You Might Also Like

3 comments

  1. coding untuk membuat entry data gimana ya ? coding yang digunakan untuk bisa memasukan sejumlah data yang akan dihitung. saya kurang paham :D makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. kenapa hasil yang keluar dengan 3 angka dibelakang koma error?

    ReplyDelete
  3. saya berminat dg aplikasi buku saku statistik
    Ini email saya : syakib_sidqi@yahoo.com
    Trims banyak. Gbu

    ReplyDelete