Membuat Aplikasi Android Ramalan Cuaca (Part 1 - Parser)

12:19 PM

Parser

Apakah kita sering mendengar kata itu dalam dunia pemrograman?? jika anda sudah lama berkecimpung di situ pasti anda sudah sering mendengarnya (saya baru beberapa tahun tapi sudah sangat sering mendengarnya)
Mungkin ada pengertian yang lebih komprehensif lagi. .tapi menurut saya parser itu adalah proses membaca suatu text (bisa html, json, xml, rss, dll) dan mengurainya menjadi suatu bentuk yang dimengerti. Menjadi suatu bentuk yang dimengerti, mungkin oleh program android, java, web, dsb yang akan kita buat nanti. .

Kenapa saya mengulas tentang parser di awal postingan ini?
Saya mengulasnya karena kita ingin membuat aplikasi cuaca saat ini dan ramalannya menggunakan API Yahoo Weather. .
Parser digunakan untuk mengubah bentuk RSS response tentang cuaca di suatu tempat menjadi bentuk yang dimengerti oleh program android yang akan kita buat nanti. .

Yahoo Weather merupakan API penyedia informasi cuaca saat ini lengkap dengan ramalan 5 hari ke depannya.
Yahoo weather API dipanggil menggunakan HTTP Get dan akan merespond dalam format RSS
Cara menggunakan HTTP Get nya sederhana saja, kalau ingin mencobanya masukkan saja alamat URL berikut pada browser anda. .

http://weather.yahooapis.com/forecastrss?w=2345713&u=c
Sudahkah anda coba??
Respond dari http get request yang kita lakukan diatas adalah ramalan cuaca daerah DKI Jakarta, jika anda ingin melihat struktur RSS nya langsung saja ketik Ctrl+u (Firefox) atau view Source (Chrome) dll

Bagaimana URL di atas bisa menampilkan ramalan cuaca Jakarta?
Url di atas prinsipnya adalah memanggil service yang disediakan oleh Yahoo Weather, kita hanya tinggal memasukkan parameter:

WOEID(Where On Earth IDentifier) 

Kalau ini baru buat anda akan saya jelaskan sedikit, WOEID itu singkatnya seperti kode suatu wilayah di bumi ini, seluruh wilayah dikodekan menjadi angka. Jika kita lihat di wikipedia artinya seperti berikut
A WOEID (Where on Earth IDentifier) is a unique 32 bit reference identifier assigned by Yahoo! to identify any feature on Earth. Silakan artikan sendiri. . :D
Bagaimana cara mengetahui WOEID suatu wilayah, cara yang paling gampang adalah dengan melakukan google search dengan keyword WOEID Jakarta misalnya.

Pada yahoo weather WOEID dilambangan dengan parameter w, jadi jika kita ingin mengganti wilayah nya tinggal kita ganti saja angka yang berada pada parameter w.
selain itu juga terdapat parameter u, itu digunakan untuk melambangkan unit degree, anda bisa menggantinya dengan Celcius(c) atau Fahrenheit.

Sudah jelas kan sekilas tentang Yahoo Weather dan Parser, sekarang mari langsung kita buat aplikasinya.

Membuat Aplikasi Android Ramalan Cuaca

Pada postingan kali ini saya hanya akan jelaskan bagaimana parser dari aplikasi yang akan dibuat saja, untuk penggunaanya dalam menampilkan dalam program android akan dibahas pada postingan selanjutnya.
Sekarang langsung saja, berikut kode parsernya.
Saya beri nama GetWeather.java parser berikut :
Hehe itulah kode parser untuk yahoo weather api, kalau anda mengerti bagaimana cara menggunakan class diatas, silakan gunakan langsung, jika belum mengerti tunggu postingan berikutnya. .

Semoga bermanfaat, GBU


You Might Also Like

2 comments

  1. gan itu code diatas sebagai main di taruh di main activty clas java atau kita buat class baru dengan nama tersebut?

    ReplyDelete
  2. boleh source code di pakai di...di andorid eclipse...

    ReplyDelete