Peta Mental

1:43 AM

Apakah anda hafal akan jalan-jalan yang ada di kota anda??
Misalnya teman anda yang dari luar kota meminta anda mengantarkannya ke suatu tempat di kota anda, pasti jika anda lahir dan tinggal di kota itu akan senang hati mengantarkannya karena anda sudah hafal daerah anda.
Ataupun ketika kita ingin pergi kuliah, berangkat dari kost sampai ke kampus setiap pagi, pasti anda hafal jalannya bukan??
Bagaimana bisa begitu?

Peta Mental

ya, peta yang ada di pikiran kita. .
pikiran kita mempuyai memori spasial tentang suatu tempat. .
kita bisa menghafal jalan ke rumah pacar, letak mall di kota anda, dan letak tempat lainnya karena semuanya itu sudah tersimpan di memori otak anda. .

Saya tidak tahu bisa seluas apa cakupan dari peta yang kita hafal. .
Mungkin itu tergantung dari ingatan seseorang dan seberapa sering ia di daerah itu. .

Kalau saya, mungkin peta mental nya tidak begitu bagus. .
Saya sering di tertawakan oleh teman saya dan diberi label "buta spasial" karena sering lupa akan tempat dan jalan. . saya baru bisa hafal akan suatu tempat jika sudah 3-5 kali melewatinya. .
:D ya, itulah saya. .

Peta mental atau cognitive map adalah suatu gambaran/image yang dihasilkan dari pikiran seseorang terhadap suatu objek, dan objek – objek lain yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. 
Peta mental terdiri atas peta mental abstrak (masih di dalam pikiran seseorang) dan peta mental riil (peta yang sudah digambarkan pada suatu media bidang datar), 

Adapun tingkat ketelitian peta tergantung dari 
  • Kecerdasan / IQ pembuat peta; 
  • Daya ingat seseorang terhadap objek yang akan dipetakan; 
  • Frekuensi / tingkat keseringan pembuat peta dalam melihat objek – objek yang dipetakan; 
  • Pengetahuan si pembuat peta terhadap ukuran – ukuran, panjang, luas, sudut, bentuk, dan kaidah – kaidah kartografi (arah, skala).

ya, itulah sekilas yang saya ketahui tentang apa itu peta mental . .
Pastikan anda menghafal jalan-jalan yang ada di daerah anda jika tidak ingin mendapat sebutan "Buta Spasial"

Semoga Bermanfaat, .
GBU.  . ^_^

You Might Also Like

3 comments