Membuat WebGIS Tanpa Coding

Kebanyakan orang berpikir membuat suatu webgis itu rumit karena membutuhkan keahlian pemrograman tertentu yang harus dipelajari dan dihapal selama bertahun tahun :D
Pada tutorial ini akan dijelaskan cara yang cukup mudah untuk membuat suatu webgis sederhana, kita hanya perlu menggunakan software QGIS yang tersedia secara free dan open source. Untuk karena itu terlebih dahulu kita harus menginstal software QGIS pada komputer kita.

Untuk download installer QGIS bisa langsung ke website aslinya di http://www.qgis.org/en/site/

Buat yang belum tau apa itu QGIS, QGIS adalah sebuah software yang berguna untuk membuat, mengedit, memvisualisasi, analisi dan menyajikan informasi geospasial.

Untuk webgis yang akan kita buat nanti menggunakan bantuan plugin QGIS yang bernama qgis2leaf. Qgis2leaf adalah plugin yang berguna untuk melakukan export peta yang dibuat di QGIS menjadi suatu webgis yang berbasis leaflet (Untuk apa itu leaflet bisa dilihat pada tutorial-tutorial saya sebelumnya). 

Berikut langkah-langkah dalam membuat webgis nya.

Pertama-tama tentu anda harus menginstall software QGIS yang telah didownload tadi. Setelah itu buka QGIS desktop dan instal plugin qgis2leaf dengan klik pada menu plugin-Manage and install plugin.
Plugin - Manage and install plugin
Search plugin qgis2leaf, lalu install plugin
search qgis2leaf lalu install
Karena saya sudah menginstall plugin ini sebelumnya jadi tidak muncul pilihan install plugin nya.. :D
Jika proses instalasi terkendala karena ada proxy, bisa diatur pada menu Setting-Options-Network.

Setelah itu kita buat peta nya, sekarang kita akan membuat peta sederhana provinsi indonesia. Untuk SHP provinsi nya bisa googling sendiri, banyak sekali yang telah menyediakan secara gratis.

Jika sudah ada SHP nya kita masukkan ke software QGIS kita, lihat pada menu toolbar di sebelah kiri dan pilih add vector layer

add vector layer

Browse file SHP provinsi indonesia yang telah di download
browse shp

Setelah itu lihat menu di bagian atas,pilih  web -> qgis2leaf
menggunakan plugin qgis2leaf

Ketika masuk ke window qgis2leaf, kita dapat mengatur properties dari webgis yang akan kita buat.
qgis2leaflet window
Klik Get Layers, untuk mendapatkan layer yang telah kita masukkan sebelumnya pada software QGIS. Untuk frame width/heights kita gunakan full screen terlebih dahulu, atur Output Project Folder, Webmap name, title, dan subtitle sesuai keinginan anda. Klik OK untuk melakukan export peta QGIS ke WebGIS Leaflet. Dan Hasilnya kurang lebih akan seperti berikut


Mudah bukan, peta webgis hasil export tersebut sudah memiliki fungsi show/hide layer dan juga bisa menampilkan informasi yang ada pada polygon (shp yang kita masukkan sebelumnya) ketika provinsi tertentu di klik.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, 
bersambung,..

GBU
:)

credit to : Ujaval Gandhi Website

11 comments

good to see you like the plugin qgis2leaf. please refer for issues to the github page

Reply

thank you, your plugin is so amazing. . :)
i'll write more about it. .

Reply

maaf saya mau tanya kalo error "Terjadi kesalahan ketika menjalankan kode Python:"
itu kenapa ya??

Reply
This comment has been removed by the author.

halo dea, makasih utk tutorialnya, sangat mudah dipahami.. good job.. :)

saya selama ini menggunakan ArcGIS Publisher utk publish peta interaktif yg terkoneksi dgn database.
apakah plugin qgis2leaf dapat digunakan utk menggantikan fungsi tsb dari ArcGIS Publisher?
atau kalau tdk bisa, kira2 ada saran tdk tools apa yg dpt saya gunakan?

terimakasih.. :)

Reply

Maaf, kalau arcgis publisher saya kurang tau, jarang utak atik software GIS, biasa cuma buat edit shp saja kalau pake arcgis/qgis

Reply

thank you informasinya :) keen

Reply

keren dah... gmn cara publisnya??

Reply

bang tutorialnya sangat membantu...terimakasih....tapi ada satu masalah, cara labelingnya gimana ya...label yang di munculkan d quantum hilang pada saat peta telah diproses dengan qgis2leaf..mohon bantuannya gan

Reply

Ini QGIS versi berapa ya gan ? versi saya 2.6 kok nggak bisa muncup properties waktu di klik/pas pointernya berada pada suatu lokasi.

Reply

kak cara membuat tampilan nya lebih menarik lagi dan tambah lebih banyak informasi yang ti tampilkan gimna cara nya....? thank you sangat membantu tutorialnya dan di tunggu part 2 trima kasih... :)

Reply

Post a Comment