Apa itu Phonegap?

10:24 AM

Smartphone saat ini sudah menjadi suatu trend di semua kalangan, baik itu orang muda, tua, pengusaha, bahkan anak-anak yang masih bersekolah. Jika kita lihat secara lebih mendalam apa yang membuat smartphone itu menjadi trend seperti sekarang tidak lain tidak bukan adalah aplikasi yang terdapat di smartphone itu sendiri, suatu smartphone tidak akan berguna banyak jika tidak mempunyai aplikasi yang terdapat di dalamnya. Aplikasi yang ada di dalam smartphone itu sendiri sangat cocok dengan perkembangan jaman dan membuat hidup orang lebih mudah.
Sebagai seseorang yang mencoba lebih mendalami dunia pemrograman web, saya pernah terpikir apakah bisa saya membuat aplikasi smartphone dengan menggunakan bahasa pembuatan web yang saya mengerti seperti Javascript, HTML, dan CSS?? Karena yang terpikir oleh saya ketika kita ingin mengembangkan aplikasi di android misalnya, kita harus mengerti dan mendalami bahasa Java . Setelah mencoba untuk bertanya tanya dan menyelam di Google, ternyata Phonegap bisa menjadi solusi apa yang menjadi pertanyaan saya.

Apa itu Phonegap??


Easily create apps using the web technologies you know and love: HTML, CSS, and JavaScript
PhoneGap is a free and open source framework that allows you to create mobile apps using standardized web APIs for the platforms you care about.(Phonegap.com)

 Pernyataan diatas berarti Phonegap dapat memudahkan kita membuat suatu apps menggunakan teknologi web yang kita ketahui seperti HTML, CSS, dan Javascript. Phonegap sendri adalah suatu framework yang free dan bersifat open source dan tentunya menggunakan standar web API untuk platform yang akan dikembangkan.
Gambar di bawah ini akan lebih memperjelas apa itu phonegap . .
Phonegap

Keunggulan Phonegap lainnya dia menyediakan compile on cloud system, jadi kita bisa melakukan compiling program yang sudah kita buat menjadi Smartphone apps secara online. .
Berikut adalah daftar OS yang bisa dibuat menggunakan Phonegap:
  1. IPhone
  2. Android
  3. BlackBerry
  4. WebOS
  5. Windows Phone 7,8
  6. Symbian
  7. Bada
Selain itu phonegap juga menyediakan API untuk melakukan akses terhadap hardware device yang ada di atas. Walaupun secara performa apps yang dihasilkan oleh phonegap tidak sehalus dari native apss, tetapi phonegap bisa jadi alternatif jika kita ingin mengembangkan smartphone apps hanya menggunakan bahasa yang ada dalam teknologi web.

Semoga Bermanfaat, GBU ^_^


You Might Also Like

0 comments