Facing the Error

8:11 AM

Seringkali kita menghadapi error ketika mengerjakan suatu aplikasi atau project. .

yang menjadi pertanyaan ketika menghadapi suatu error pasti adalah bagaimana cara memperbaikinya. .

"how to fix this!!??" 

dan yang paling menyebalkan adalah ketika kita mencoba memperbaiki error yang ada, yang terjadi malah semakin banyak error dalam aplikasi kita sehingga aplikasi yang ada tidak dapat di run..

saya pernah membuat aplikasi atau project dalam beberapa bahasa antara lain java, javascript dan php. Ketiga bahasa tersebut memiliki cara yang hampir sama (menurut saya) untuk melakukan pencarian error sehingga dapat diperbaiki. .

menurut wikipedia, error yang bisa menyebabkan bug di suatu aplikasi biasanya terjadi karena beberapa hal berikut:
perhitungan pembagian 0
loop yang tidak terhingga
mengunakan variabel yang belum di inisialisasi
kesalahan penulisan bahasa pemrograman\
dll yang dapat dilihat pada http://en.wikipedia.org/wiki/Software_bug

Menurut saya yang dapat kita lakukan ketika menemukan error dalam aplikasi kita adalah sebagai berikut:

  • Biasanya dalam console IDE yang kita gunakan dalam membuat suatu aplikasi akan menunjukkan di mana letak error nya (pada line berapa) kita bisa langsung menuju line tersebut dan mengidentifikasi dimana letak error nya
  • Jika error line yang ada tidak menunjukkan error yang sebenarnya kita bisa menggunakan fitur print pada bahasa pemrograman yang ada. Biasanya jika kita melakukan print terhadap suatu kata dan kata itu akan muncul di console atau aplikasi, biasanya line di atas kode print tersebut benar, lakukan terus hingga di temui suatu error.
  • Jika masih belum bisa juga kita bisa bertanya di website favorite programmer yaitu di http://stackoverflow.com/ , banyak sekali resource problem error disana yang sudah di selesaikan oleh komunitas yang ada. Atau jika belum terselesaikan juga kita bisa bertanya pada google. .
Penyelesaian suatu error juga tidak terlepas dari pengalaman seorang programmer, semakin sering programmer memberikan challange terhadap diri sendiri dengan mengerjakan banyak aplikasi dan project, maka semakin cepat pula dia dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu error. .

meme error
Sumber : www.lindsaygcox.co.uk


You Might Also Like

0 comments