Membuat Segitiga Sama Kaki

12:30 AM

Hihi iseng iseng buat tutorial alpro pake bahasa java lagi, kali ini akan menjelaskan cara membuat segitiga sama kaki. .
ini codingannya:

public class segitiga {
    public static void main(String[] args){
        for(int i=1;i<=5;i++){
            for(int k=5;k>=i;k--){
                System.out.print(" ");
            }
            for(int j=1;j<=i;j++){
                System.out.print("X ");
            }
            System.out.println("");
        }
    }
}


hasil nya kayak gini nih. .

     X
    X X
   X X X
  X X X X
 X X X X X

Dalam membuat bentuk segitiga diatas diperlukan tiga buah for, for yang pertama yang berisi variabel i berfungsi untuk memindahkan baris dari segitiga di atas, lihat System.out.println("") yang berada di bagian bawah.

For yang kedua yang berisi variabel k berfungsi untuk membentuk sebuah segitiga yang tidak terlihat, jadi jika System.out.print(" ") diberi nilai variable o misalnya, maka outputnya akan terlihat seperti ini

oooooX
ooooX X
oooX X X
ooX X X X
oX X X X X

jadi dapat dikatakan juga fungsi for k itu berfungsi untuk membuat segitiga X menjorok ke depan. Jika for k ini dihilangkan maka yang terbentuk adalah segitiga siku-siku dengan siku di bagian kiri.

For yang ketiga yang berisi variabel j berfungsi untuk membentuk segitiga X itu sendiri, dalam System.out.print("X "); pada for ini terdapat "spasi" setelah tanda X yang membuat segitiga itu menjadi sama sisi, jika tidak diberi spasi maka yang terlihat adalah segitiga siku-siku dengan siku di kanan.

Sekian tulisan iseng kali ini
#galau skripsi

You Might Also Like

0 comments