My Note About Ubuntu CLI (2)

11:40 PM

Ubuntu Command Line 

  1. Grep : buat mencari teks tertentu dalam suatu file. .
    misal : grep "root" /etc/passwd
    grep "wget" ./history.txt
  2. echo : mencetak teks ke layar. .
    echo "Aku ganteng"
    echo $PATH (mengetahui File environment)
  3. > memasukkan teks overwrite
    echo "Aku ganteng" > test.txt (menghapus semua isi test.txt, diganti dg Aku ganteng)
    >> memasukkan teks append
    echo "Aku ganteng" >>test.txt (menambahkan text aku ganteng pada akhir baris test.txt)
  4. & : membuat suatu perintah berjalan di background
    jobs : melihat perintah yang berjalan pada background
  5. ps : melihat proses yang sedang berjalan


6. kill : menghentikan proses, Kill membutuhkan parameter nomor PID yang didapat dari perintah ps -ef

Penggabungan beberapa perintah ,
; adalah pemisah antar perintah
| adalah pipe untuk komunikasi antar proses

7. whatis : untuk mengetahui deskripsi suatu perintah
8. man : mengetahui manual dari suatu perintah
9. info : seperti man

Segini dulu catatan nya... biar ga lupa
:D

Sumber: baca2 "zero to hero Fedora 8"

You Might Also Like

0 comments