Jenis Cloud Computing

7:13 PM














Jenis Layanan Cloud Computing : Jenis Layanan Cloud Computing sendiri dibagi menjadi tiga kategori yaitu Software as a Sevice(SaaS), Platform as a Service(PaaS), dan Infrastructur as a Service(IaaS), levelnya mulai dari SaaS ketika kita benar-benar bebas dalam mengelola sumber daya, PaaS ketika kita masih harus membuat aplikasi, dan IaaS di mana kita juga masih harus mengelola Operating 

          Software as a Service(SaaS)
Layanan ini memberikan service berupa akses software kepada customer tanpa harus membeli, software terinstall di server dan customer hanya tinggal menggunakannya secara langsung. Kelebihan dari SaaS ini adalah “Pay as You Use” jadi customer hanya membayar aplikasi sesuai jumlah pemakaiannya.
Contoh dari beberapa SaaS :
  • Google docs : Web-based office suite dan data storage service yang disediakan oleh Google. Memungkinkan user untuk create dan edit document secara online sehingga bisa digunakan secara bersama-sama oleh beberapa user
  • SalesForce.com : merupakan layanan Customer Relationship Management (CRM) yang memungkinkan customer untuk lebih mudah dalam melakukan bisnisnya.

    Platform as a Service(PaaS)
Pengembangan aplikasi dan penyebaran/deployment platform yang digunakan untuk memberikan layanan bagi pengembang yang menggunakan platform tersebut untuk membangun, melakukan deploy manajemen sebuah Saas. Penyedia jasa PaaS sendiri menyediakan layanan berupa platform, mulai dari mengatur server-server mereka secara virtualisasi sehingga sudah menjadi cluster sampai menyediakan sistem operasi di atasnya.
Contoh dari PaaS:
  • Amazon Web Service : adalah suatu layanan cloud server dimana kelebihannya adalah mudah dalam mengembangkan performa hardware (scalability), spesifikasi hardware yang cukup tinggi, lebih murah dikarenakan kita hanya perlu membayar atas apa yang kita gunakan saja (data transfer, penggunaan cpu, dll)
  • Microsoft Amazon : Microsoft operating System untuk Cloud Computing.

Infrastructure as a Service(IaaS)

Memungkinkan customer menggunakan aplikasi yang memerlukan konfigurasi server yang unik dan tidak dapat dipenuhi penyedia layanan PaaS. Penyedia layanan disini hanya menyediakan sumber daya komputer seperi processor, memori, dan storage yang sudah tervirtualisasi. Akan tetapi penyedia layanan tidak memasang sistem operasi maupun aplikasi di atasnya. Pemilihan OS, aplikasi , maupun konfigurasi sepenuhnya berada pada kendali kita. Jadi layanan IaaS dapat dilihat sebagai proses migrasi server-server kita dari on-premise ke data center milik penyedia IaaS ini. Para vendor cloud computing lokal rata-rata menyediakan layanan model IaaS ini dalam bentuk Virtual Private Server. Contoh Penyedia layanan ini antara lain adalah Google, IBM, dan Amazon EC2.




You Might Also Like

14 comments

  1. Cloud service is incredibly nice to use.. however firms square measure afraid to show their unbroken secrets thanks to the protection problems for cloud service and therefore the proven fact that they might have to be compelled to integrate their workloads on that.
    penyedia layanan cloud


    ReplyDelete
  2. Silahkan kunjungi wabsite kami. semoga bermanfaat.

    obatasma.infonegeri.com/obat-penyakit-eksim-kering
    obatasma.infonegeri.com/obat-nyeri-sendi-lutut
    infokesehatan.utamakansehat.com/penyebab-badan-lemas
    obatasma.infonegeri.com/obat-tangan-kebas-kebas
    infokesehatan.utamakansehat.com/obat-penyempitan-pembuluh-darah
    obatwasir.utamakansehat.com/obat-alami-kencing-manis
    obatambeien1.utamakansehat.com/obat-nyeri-sendi-lutut
    obatwasir.utamakansehat.com/obat-kista-bartholin
    obatambeien1.utamakansehat.com/obat-kista-dalam-rahim
    obatwasir.utamakansehat.com/obat-penyempitan-pembuluh-darah
    obatambeien1.utamakansehat.com/tips-mengobati-benjolan-kecil-di-payudara
    obatwasir.utamakansehat.com/obat-penyempitan-syaraf
    obatambeien1.utamakansehat.com/obat-penyempitan-tulang
    infokesehatan.utamakansehat.com/cara-aman-mengobati-bencolan-kecil-di-rahim
    infokesehatan.utamakansehat.com/penyebab-badan-lemas
    caramelangsingkantubuh.utamakansehat.com/cara-aman-mengeluarkan-lemak-di-perut
    caramelangsingkantubuh.utamakansehat.com/http://obatpenggemukbadan.utamakansehat.com/
    obatasma.infonegeri.com
    obatwasir.utamakansehat.com

    ReplyDelete
  3. teknologi cloud computing makindikenal dan juga memiliki banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Something http://ajoqq.com
    http://www.ajobet.com

    ReplyDelete
  5. Wah, keren banget artikelnya! Jangan lupa kunjungi cloud server murah Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  6. IaaS sangat penting dan mendasar untuk menggunakan teknologi cloud, di butuhkan penyedia layanan IaaS yang terpercaya dan handal seperti CLoudciti - Enterprise Insfrastructure as a Service (IaaS)

    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  7. IaaS sangat penting dan mendasar untuk menggunakan teknologi cloud, di butuhkan penyedia layanan IaaS yang terpercaya dan handal seperti CLoudciti - Enterprise Insfrastructure as a Service (IaaS)

    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  8. Salah satu layanan cloud computing yang baru diluncurkan adalah Google Cloud Platform. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini: http://garisbatas.com/google-cloud-platform-layanan-virtualisasi-awan-baru-dari-google/

    ReplyDelete
  9. benar, IaaS menjadi layanan cloud computing yang paling dasar berupa insfrastruktur hardware virtual, bandwidth dan network. provider cloud kemaanan platform, software dan aplikasi yang di gunakan, menjadi tanggung jawab dari sisi user. jadi butuh skil dan pengalaman di bidang IT unutk menggunanakan layanan cloud. bnyak juga cloud provider yang fokus di salah satu layanan, salah satunya Biznet GIO Cloud Cloud sediakan layanan cloud IaaS yang sudah terdapat scope-scope yang jelas antara provider dan user.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih atas artikel nya yang sangat membatu dan membuat saya menjadi paham apa itu Cloud Computing..
    Cek juga ya cloud computing adalah ??? Udah sering dengar tapi msh gk tau?? Cek disini biar tau sekarang juga ya..

    ReplyDelete
  11. Terima kasih buat infonya gan sangt bermanfaat. Boleh juga di cek siapa tau bermanfat bagi ilmu data recovery jakarta THANKS.

    ReplyDelete
  12. keren artikel nya menambah ilmu pengetahuan dan saya sangat suka dengan artikelnya terima kasih.Boleh di lihat juga artikel nya siapa tau bermanfaat bagi anda sekalian cloud hosting indonesia

    ReplyDelete