Facebook menggunakan Gwibber & Empathy di Ubuntu

7:17 PM

Gwibber dan Empathy adalah aplikasi default di ubuntu yang dapat kita gunakan sebagai alat social networking yang mudah dan praktis. Kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menggunakan kedua aplikasi tersebut..
1. Gwibber

Merupakan aplikasi open source pada linux, Gwibber mendukung berbagai macam situs jejaring social populer. Gwibber dibuat untuk memudahkan komunikasi dengan berbagai macam jejaring social yang ada. Gwibber telah disertakan dalam paket instalasi standar pada ubuntu 10.04 Lucid Lynx

Berikut cara menggunakan Facebook(FB) melalui Gwibber
Pertama masuk ke menu Edit-Accounts-Add, akan muncul tampilan seperti ini(tanpa account Facebook disamping).
Pilih menu add new account for(tersedia Facebook dan Twitter) lalu klik add, lalu akan muncul tampilan seperti ini
Klik Authorize lalu anda akan diminta untuk memasukkan ID dan Password anda, dan kini Gwibber anda telah terhubung dengan account facebook anda.
Tampilan Facebook:
Untuk mengatur show notif, update messages, dll dapat dilakukan di Edit-Preferences.

2. Empathy

Merupakan aplikasi multi messenger yang di bundle pada GNOME desktop environment, hampir semua distribusi yang menggunakan Gnome sebagai desktop environmentnya menggunakan Empathy sebagai Default IM Client. Selain interfacenya yang sederhana, empathy juga telah dilengkapi dengan berbagai plugins, dan mendukung terhadap beberapa protokol IM seperti Yahoo! Messenger, GTalk, MSN, JAbber, Facebook Chat, Mxit, dan lainnya.
Empathy adalah program yang mendukung pesan teks, suara, dan video chat dan transfer berkas pada banyak protokol yang berbeda. Pengguna Emapthy dapat menggunakan akun di semua layanan dan melakukan segala hal di dalam satu aplikasi ini.

Cara menggunakan Empathy:
Buka empathy terlebih dahulu : Internet-Empathy Internet Messaging
Klik Edit-Accounts-Add. .
lalu akan muncul tampilan seperti ini
Pilih Protocol Yang akan digunakan, kali ini saya memilih facebook chat sebagai protocol yang akan digunakan yang nantinya memungkinkan kita untuk melakukan chat facebook melalui empathy.
Masukkan Username dan Password Facebook lalu klik Log in, dan Empathy anda telah terhubung dengan chat facebook.

Dan anda dapat menggunakan facebook chat dengan mengklik contact yang online, akan ada notification dan jendela baru jika ada chat yang masuk atau anda memulai chat dengan orang lain. 
Klik Edit-Preferences untuk pengaturan lebih lanjut, 

Lalu Pada Indicator Applet di Ubuntu anda akan muncul seperti ini(default Indicator Applet ubuntu ada di pojok kanan atas) yang memungkinkan anda untuk update status secara cepat

Semoga bermanfaat ^_^v
Sumber :Wikipedia


You Might Also Like

1 comments

  1. Enak tuh pake Gwibber.
    Cukup satu aplikasi bisa konek sana sini.

    ReplyDelete